Kebaikan Srikaya bagi Ibu Hamil, Penuh Manfaat

Buah yang satu ini tumbuh cukup subur di Indonesia. Rasanya yang manis menjadi daya pikat bagi para penikmat buah. Bahkan srikaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Secara spesifik, buah srikaya juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Apa saja ya manfaatnya. Mari kita simak!

1. Melancarkan Pencernaan
Seperti yang kita ketahui bahwa srikaya mampu mencegah diare. Eits! Tidak hanya itu lho. Bagi ibu hamil, srikaya juga mampu melancarkan pencernaan. Tidak jarang ibu hamil mengalami masalah sembelit, dengan mengkonsumsi srikaya akan mampu membantu memudahkan ibu hamil untuk buang air besar.

2. Baik untuk Perkembangan Janin
Kandungan vitamin A atau karoten dalam buah srikaya mampu membantu proses perkembangan janin di dalam rahim. Beberapa di antaranya yaitu berperan dalam membangun saraf, otak dan sistem kekebalan tubuh pada janin. Selain itu vitamin A sangat penting bagi kesehatan kulit dan mata.


3. Menghindari Mual pada Ibu Hamil
Buah srikaya mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi resiko mual dan muntah pada kehamilan trimester pertama. Tentu saja hal ini dapat membantu para ibu hamil untuk menjalani kehamilan dengan nyaman.

4. Mengatasi nyeri tubuh
Ibu hamil seringkali merasakan pegal dan juga nyeri di beberapa bagian tubuh. Salah satu penyebabnya adalah rasa lelah pada tulang akibat beberapa perubahan siklus hormon pada tubuh. Kandungan kalsium pada srikaya tentu saja dapat membantu ibu hamil untuk memperkuat tulangnya, sehingga nyeri saat kehamilan dapat berkurang.

5. Mengurangi resiko preklamsia
Preklamsia merupakan kondisi yang seringkali terjadi pada kehamilan trimester akhir. Kondisi ini digejalai dengan naiknya tekanan darah pada ibu hamil. Tingginya tekanan darah ini dapat diturunkan dengan mengkonsumsi srikaya, karena kandungan antioksidan yang baik bagi peredaran darah dalam tubuh.

6. Kandungan kalori yang tinggi
Srikaya memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Tingginya kalori ini dapat menjadi sumber energi bagi ibu hamil yang mengkonsumsinya. Cara yang mudah untuk mengembalikan tenaga saat ibu hamil kelelahan.
Kalori yang tinggi dibarengi dengan lemak dan karohidrat pada srikaya, juga mampu mencegah ibu hamil mengalamin anemia. Anemia ini sangat berbahaya lho bagi janin. Ibu hamil harus waspada, ya!

Berikut tadi merupakan manfaat buah srikaya bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat ya Mom!

Renyta Ayu Putri

Master of zero~

Share

Tinggalkan Balasan