Kamis, 15 Oktober 2020

Fakta Seputar Iguana - Wajib Tau sebelum Memeliharanya!

Iguana merupakan salah satu jenis reptil yang seringkali dijumpai di pohon. Tubuhnya yang garang dan ganteng, serta berwibawa daripada kadal atau reptil jenis lainnya, seringkali memikat manusia untuk memeliharanya. Tapi tahukah kalian ada beberapa hal yang harus kalian ketahui sebelum memutuskan untuk memelihara iguana. Berikut ini adalah beberapa hal dari iguana yang harus kita kenal sebelum memeliharanya.
1. Jenis yang Beragam
Iguana memiliki banyak jenis. Di Indonesia sendiri jenis iguana cukup banyak yaitu green iguana, red iguana, blue iguana, iguana blue diamond, albino, iguana gurun, iguana spinytail, snow blizzard, iguana chalarodon, iguana lemanctus, iguana laut, dan iguana batu. Tidak hanya itu jenisnya, karena di penjuru dunia masih banyak jenis-jenis lainnya yang belum ditemukan ada di Indonesia. 

2. Ekor yang Panjang
Tubuh iguana bayi biasanya hanya sebesar kadal atau bunglon. Namun jangan salah, pertumbuhan iguana tergolong cepat. Tubuh iguana dewasa yang sudah berusia lebih dari 4 tahun bisa mencapai 1.8 meter panjangnya. Ekor iguana juga sangat panjang. Bahkan melebihi panjang tubuhnya. Perbandingan antara panjang ekor dan panjang tubuh iguana berkisar 2:1. Iguana dewasa memiliki ekor yang sangat panjang dan berat, sehingga bisa melukai siapapun yang terkena pukulan ekornya. Bagi kalian yang ingin memelihara iguana, sangat disarankan untuk mempersiapkan kandang yang lebih besar dari badan iguana. Sehingga iguana tetap merasa nyaman dan leluasa dalam bergerak.

Cc: Renyta Ayu Putri
3. Memiliki Tiga Mata
Seperti Komodo, Iguana memiliki mata ketiga, yaitu di atas kepalanya. Mata ketiga iguana berfungsi sebagai penerima sensor cahaya, sehingga iguana cukup sensiti terhadap suatu pegerakan di sekitarnnya. Mata ketiga pada iguana disebut dengan mata parietal.

4. Penglihatan yang Tajam
Selain mata ketiga, kedua mata iguana juga merupakan indera yang tajam. Iguana mampu melihat bentuk, warna, bayangan secara detail baik dari jarak dekat maupun jarak jauh. Ketajaman mata iguana membantunya dalam mengenali musuh dan mencari makanan.

 
Lhb1239 / CC BY-SA
(https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0)Add caption

5. Duri di Sepanjang Tubuh Bagian Atas
Iguana memiliki duri di sepanjang tubuhnya, mulai dari leher atas hingga ekornya. Duri iguana berfungsi untuk mengecoh musuh agar takut kepadanya. Berbeda dengan bunglon yang memiliki duri hanya di sepanjang punggung dan cenderung layu, duri iguana berbentuk tegak seperti dinosaurus.

Patricia Guillory / CC BY-SA
(https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)


6. Memiliki Gelambir
Salah satu ciri khas iguana adalah memiliki gelambir yang cukup besar di bawah rahangnya seperti ayam jantan. Gelambir pada iguana akan terbuka lebar jika dirinya merasa terancam atau dalam keadaan yang marah. Selain itu kepalanya juga akan terangkat lebih tinggi.

7. Garang-garang Herbivora
Meskipun terlihat garang dan sangar, ternyata iguana adalah hewan herbivora. Dia hanya memakan sayur dan buah-buahan. Beberapa makanan yang dianjurkan adalah sayuran hijau seperti sawi dan kangkung, wortel, kacang panjang, pisang, papaya, dan tauge. Jangan sekali-sekali memberikan iguana daging untuk dimakan ya. Karena hal ini dapat mengganggu pencernaannya yang tidak didesain untuk makan daging. 

8. Suka Nongkrong di Ranting
Kalau kalian berniat untuk memelihara iguana, sebaiknya persiapkan kendang iguana senyaman mungkin. Karena habitat mereka ada di alam liar dan suka naik ke atas pohon, iguana sangat menyukai ranting. Coba deh kalian beri ranting di kandangnya. Pasti mereka bakal betah nongkrong di atasnya berlama-lama.

Cc: Renyta Ayu Putri
9. Suka Berdiam Diri
Iguana dewasa cenderung menunjukkan sifat yang pendiam dan santai. Apalagi jika iguana tersebut adalah iguana peliharaan yang biasa berinteraksi dengan manusia semenjak kecil. Namun jangan kaget apabila kalian memelihara iguana yang masih bayi, karena sifat mereka seringkali jumpy. Tubuh baby iguana (iggy) yang kecil dapat melakukan gerakan yang sangat cepat dan tiba-tiba. Hal ini dikarenakan iggy atau bayi iguana belum terlalu mengenal dan biasa berhadapan dengan manusia. Jika mereka sudah biasa, lama-kelamaan iguana akan jinak.

10. Butuh Mandi dan Berjemur
Jika kalian memutuskan untuk memelihara iguana, kalian harus memiliki atau menyempatkan waktu setiap harinya setidaknya untuk memandikan iguana dan menjemurnya beberapa menit. Karena iguana membutuhkan cahaya matahari, apabila sedang musim hujan maka sebaiknya sediakan lampu UVB dan UVA. Dengan memandikan dan menjemur iguana setiap hari, dapat meningkatkan mood dan juga nafsu makannya.

11. Pertahanan Diri
Iguana memiliki dua serangan yang dijadikan pertahanan diri jika dirinya merasa terancam. Pertahanan iguana yang pertama adalah dengan mengayunkan dan memukulkan ekornya kepada musuh. Dan pertahanan terakhirnya adalah dengan menggigit. Namun sangat jarang terjadi iguana menggigit jika tidak benar-benar dalam situasi terancam. Gigitan iguana yang sudah tumbuh giginya dapat merobek kulit manusia.

Nah, itu tadi adalah sekilas pengenalan singkat terhadap iguana sebelum kalian memutuskan untuk memeliharanya. Perawatan iguana cukup simple namun harus telaten ya, guys. Agar iguana kita tetap sehat dan nyaman.
Previous Post
Next Post

0 Comments:

Featured Post

Hai. Kali ini berbeda dari artikel biasanya yang lebih sering menuliskan tentang pengetahuan umum. Karena saya akan menceritakan pengalaman ...

Continue reading