Manfaat Buah Srikaya bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Kanker

Buah Srikaya merupakan buah yang berasal dari daerah tropis. Daging buah srikaya yang manis ini sering menarik minat orang untuk melahapnya. Buah yang sering kita temukan di pasaran ini, siapa sangka memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Srikaya memiliki sumber zat besi dan energi yang baik bagi tubuh. Tidak hanya buahnya, bahkan daun, batang, dan juga biji srikaya memiliki manfaat yang sama baiknya.



Berikut ini merupakan manfaat Buah Srikaya bagi kesehatan tubuh.

1. Menghindari gangguan sistem pencernaan
Buah srikaya mengandung antioksidan dan karbohidrat kompleks yang sangat baik bagi pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Sehingga Srikaya sangat direkomendasikan untuk menjaga tubuh dari gangguan sistem pencernaan, seperti diare.

2. Menjaga daya tahan tubuh
Mengkonsumsi srikaya dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan tahan dalam melawan berbagai penyakit. Sebabnya buah berkulit hijau ini kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan.

3. Mengurangi risiko kanker
Pada dasarnya antioksidan sangat ampuh dalam menghindari risiko kanker. Karena zat antioksidan akan melawan radikal bebas penyebab kanker yang ada di dalam tubuh. Kandungan antioksidan di dalam srikaya dapat mengurangi risiko terkena kanker.

4. Mencegah hipertensi dan penyakit kardiovaskular
Srikaya memiliki kandungan kalium, magnesium, antioksidan, dan juga serat yang tinggi. Kandungan zat tersebut terbukti mampu mencegah tekanan darah tinggi. Karena tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular), maka mengkonsumsi srikaya dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit tersebut.

5. Menjaga kestabilan gula darah
Terdapat studi yang menyebut bahwa ekstrak daun srikaya mampu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan juga sekaligus menurunkan dosis insulin. Indeks glikemik yang dimiliki srikaya juga berada di taraf sedang. Sehingga meskipun buah ini manis, buah ini tetap aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

6. Memusnahkan ketombe dan kutu rambut
Tidak hanya buah dan daunnya, biji srikaya pun juga dipercaya memiliki manfaat yang tidak kalah baiknya. Biji srikaya disebut mampu mengatasi masalah ketombe dan kutu rambut. Pengaplikasiannya dilakukan dengan mencampurkan ekstrak biji srikaya dengan minyak kelapa, kemudian dioleskan ke permukaan rambut. Namun dalam mengaplikasikan ini, perlu kehati-hatian agar larutan tersebut tidak mengenai mata. Karena akibatnya dapat membuat peradangan pada kornea mata, atau disebut juga dengan keratitis.

Itu tadi adalah sebagian manfaat baik dari buah srikaya. Namun dalam mengkonsumsinya harus berhati-hati, ya, guys. Karena tanaman srikaya juga mengandung racun yang disebut annonain. Jumlah annonain terbanyak terdapat pada biji dan juga kulitnya. Sehingga tidak disarankan untuk memakan biji dan kulit srikaya. Beberapa penelitian menunjukkan zat tersebut dapat menjadi salah satu penyebab Parkinson.

Renyta Ayu Putri

Master of zero~

Share

Tinggalkan Balasan