Selasa, 27 Oktober 2020

Mendeteksi Penyakit melalui Kuku

Setiap manusia normalnya memiliki 20 jari di tangan dan di kaki dilengkapi oleh kuku. Fungsi dari kuku sendiri adalah untuk melindungi ujung jari, sebagai alat penggaruk, dan juga mempercantik bentuk jari. Namun tahukah kalian bahwa kuku dapat berfungsi sebagai detektor penyakit pada tubuh kita.

Beberapa penyakit dapat ditunjukkan melalui warna dan juga bentuk tertentu dari kuku. Berikut ini adalah beberapa gejala yang ditunjukkan oleh kuku terkait penyakit tertentu

Fingers by pxfuel CC0

Kuku berwarna putih pucat

Terkadang kuku dengan warna ini menunjukkan tanda penuaan. Tetapi perlu juga diwaspadai terkait dengan penyakit anemia, gizi buruk, dan gagal jantung. Ada kemungkinan lain apabila kuku berwarna putih pucat hanya sebagian saja, dan sebagian di ujungnya berwarna merah atau coklat gelap, maka perlu diwaspadai hal ini menunjukkan adanya gejala penyakit hepatitis.

Kuku berwarna kuning

Umumnya jika seseorang sedang mengidap infeksi jamur di kuku, maka kuku tersebut akan berwarna kuning. Selain itu tekstur kuku akan menjadi tebal dan juga Rapuh. Indikasi dari kuku yang berwarna kuning ini dapat juga menunjukkan adanya gangguan penyakit kuning, tiroid, diabetes, dan paru-paru bagi perokok berat. Jika kuku kalian berwarna kuning pastikan baru-baru ini kalian tidak menyentuh kunyit ya!

Kuku berwarna kebiru-biruan

Kuku berwarna kebiru-biruan dapat mengindikasikan berbagai macam penyakit. Salah satu diantaranya adalah kekurangan oksigen atau disebut dengan cyanosis. Keadaan kekurangan oksigen ini dapat dipengaruhi oleh infeksi pada paru-paru atau penyakit sirkulasi lainnya. Jika kalian dalam keadaan stress atau kedinginan juga bisa saja mempengaruhi warna kuku menjadi kebiru-biruan.

Kuku memiliki garis hitam

Kuku yang memiliki garis hitam indikasi sebagai salah satu gejala penyakit melanoma atau kanker kulit yang berbahaya. Sehingga jika kalian mengalami ini maka segera periksakan secepat mungkin ke dokter.

Apabila kuku memiliki tekstur yang kasar, kusam, dan memiliki kerutan horizontal, ini merupakan salah satu tanda penyakit campak, cacar air, gondok, atau penyakit kurang gizi lainnya.

Namun apabila kekasaran kuku burung seperti memiliki bintik-bintik lubang yang tidak beraturan maka patut dicurigai bawa ini adalah pertanda adanya penyakit kulit Psoriasis.

Gejala penyakit dari bulan kuku

Bulan kuku adalah bagian yang berbentuk seperti bulan sabit yang berwarna putih dan terletak di Pangkal kuku. Perubahan yang terjadi pada bulan kuku juga dapat menunjukkan suatu gejala penyakit tertentu.

Bulan kuku berwarna kuning, menunjukkan seseorang telah mengkonsumsi tetrasiklin.

Bulan kuku berwarna merah, menunjukkan pertanda sakit ginjal.

Bulan kuku berwarna kebiru-biruan, merupakan salah satu gejala penyakit degeneratif disebut juga dengan penyakit Wilson.

Bulan kuku berwarna biru abu-abu, menunjukkan seseorang keracunan perak.

Bulan kuku berwarna kehitaman atau coklat gelap, menunjukkan seseorang pilihan konsumsi fourit.

Pembengkakan kulit di sekitar kuku

Gejala terakhir yang dapat ditunjukkan kuku adalah adanya pembengkakan pada kulit yang berada di sekitar kuku. Apabila disekitar kuku mengalami bengkak dan berwarna merah, maka ini dapat menjadi tanda adanya penyakit Lupus dan gangguan jaringan ikat.

Beberapa gejala di atas dapat menjadi sebagian dari suatu gejala penyakit. Namun tidak menutup kemungkinan penyakit-penyakit yang telah disebutkan tidak menunjukkan gejala yang berarti pada kuku kita. Sebaliknya apabila kuku mengalami gejala serupa, bukan berarti bahwa kita sedang mengidap penyakit tertentu. Bisa saja masalah-masalah pada kuku merupakan suatu implikasi akibat tidak bersih atau tidak terawatnya kuku kita. Untuk memastikan gejala muncul pada kuku benar merupakan suatu gejala penyakit tertentu, tetap harus dilakukan pemeriksaan medis. Maka jika kalian telah mengalami beberapa gejala, segera periksakan ke dokter. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, dan terhindar dari penyakit.

Previous Post
Next Post

0 Comments:

Featured Post

Hai. Kali ini berbeda dari artikel biasanya yang lebih sering menuliskan tentang pengetahuan umum. Karena saya akan menceritakan pengalaman ...

Continue reading