Mengatasi Kutu Kura-Kura pada Ikan Mas Koki

Bagi kawan-kawan yang sedang memelihara Ikan Mas Koki, sangat perlu mengetahui tentang jenis-jenis penyakit yang mungkin dapat menyerang Ikan Mas Koki kita yang sangat lucu. Tidak jarang penyakit Ikan Mas Koki disebabkan oleh faktor eksternal, seperti adanya jamur dan kutu. Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu jenis kutu yang sering datang ke tubuh Ikan Mas Koki, yaitu kutu kura-kura atau disebut juga dengan kutu bulat. Berikut beserta cara mengatasinya.

Kutu kura-kura memiliki bentuk yang bulat dan seperti cangkang kura-kura. Berbeda dengan kutu jarum, kutu kura-kura bisa berjalan di permukaan tubuh ikan mas koki secara perlahan. Warna kutu kura-kura atau kutu bulat hampir bening, sehingga sangat sulit untuk dilihat dengan mata. Ukurannya kurang lebih 1-2 mm. Di punggungnya terdapat bintik-bintik kecil jika kita amati secara detail.

Kutu ini menggigit tubuh ikan sehingga salah satu ciri-ciri ikan mas koki yang terserang penyakit kutu kura-kura adalah memiliki beberapa luka merah di tubuhnya. Biasanya luka tersebut tidak akan jauh dari sirip-siripnya. 

Selain itu, ikan mas koki yang terserang kutu kura-kura akan cenderung lebih diam daripada biasanya, alias tidak aktif seperti ikan mas koki pada umumnya. Beberapa kali saya menemui ikan mas koki saya yang sedang terserang kutu kura-kura akan mengepak-ngepakan siripnya. Hal ini mungkin saja merupakan salah satu cara ikan untuk melepas gigitan kutu kura-kura.

Secara umum kutu ini juga menjangkiti jenis ikan lainnya seperti ikan louhan, ikan komet, ikan guppy, dan beberapa ikan hias lainnya.

Cara paling efektif untuk mengatasi penyakit kutu kura-kura pada ikan kita adalah dengan mengambil kutu tersebut, baik dengan pinset ataupun dengan jari. Untuk luka bekas gigitan dari kutu kura-kura, jangan khawatir, karena biasanya bekas itu akan hilang satu sampai dua hari setelah kutu dilepaskan.

Kali ini saya telah membuat video pengambilan kutu kura-kura atau cara mengatasi kutu kura-kura pada Ikan Mas Koki.
Berikut ini adalah videonya. Semoga video dan tulisan saya kali ini bermanfaat, ya. Dan jangan lupa untuk like videonya, komen, dan subscribe :).


Renyta Ayu Putri

Master of zero~

Share

Tinggalkan Balasan