Menulis Lebih Mudah dengan Berbicara menggunakan Aplikasi Voice to Text

Halo guys. Kali ini saya memiliki satu aplikasi yang baru saja saya download dari Playstore. Aplikasi ini sangat memudahkan saya untuk menulis artikel di blog. Artikel ini juga saya tulis dengan bantuan aplikasi ini. Saya tidak perlu mengetiknya tapi saya berbicara di depan microphone handphone saya. Tentu saja HP saya bukan HP yang canggih, hanya Android keluaran 3 tahun lalu.

Aplikasi ini sesuai judulnya bernama voice to text. Jika kalian belum punya kalian bisa mendownloadnya di Play Store secara gratis. Saya akan memberikan tutorial cara penggunaan aplikasi voice to text ini.

1. Pertama-tama yang harus kalian lakukan adalah mendownload aplikasi bernama voice to text di Play Store kalian. Link Download akan saya sertakan di akhir artikel.

2. Bukalah aplikasi tersebut.

3. Settingan pertama yang harus kalian lakukan adalah mengubah bahasa berdasarkan bahasa yang ingin kalian gunakan di tulisan kalian. Saya menggunakan bahasa Indonesia. Caranya adalah dengan mengklik 2 huruf yang ada di bagian atas aplikasi. 2 huruf tersebut melambangkan bahasa yang telah dipilih. Jika kalian telah memilih bahasa Indonesia maka yang muncul adalah huruf i dan n. Settingan bahasa ini cukup penting karena nanti akan mempengaruhi hasil convert kalimat yang telah kalian ucapkan ke dalam tulisan.

4. Untuk selanjutnya memulai merekam suara dengan memencet tombol di bagian bawah kanan halaman atau page.


5. Klik kolom title untuk mengucapkan judul sesuai tulisan kalian.

6. Untuk isi tulisan kalian bisa menggisinya di kolom di bawah title.

7. Untuk menyempurnakan tulisan kalian dengan menambahkan tanda baca, chord sederhana yang hanya bertuliskan angka dan simbol di bagian bawah aplikasi.

8. Selanjutnya jika sudah selesai merekam, maka tulisan sudah bisa tersimpan.

9. Ada 3 pilihan untuk menyimpan hasil tulisan kalian,

Pertama, klik tiga titik yang ada di pojok kanan atas lalu klik pilihan export to txt.

Kedua, kalian bisa mengcopy tulisan dengan cara klip tiga titik yang ada di pojok kanan atas lalu klik pilihan copy. Setelah itu kalian bisa mengcopy nya di aplikasi Word atau sejenisnya.


Ketiga, tulisan kalian sudah otomatis tersimpan di menu-note list.


Aplikasi ini menurut saya cukup efisien dalam membantu saya Menulis artikel. Artikel ini sendiri saya tulis dengan merekam suara saya menggunakan aplikasi voice to text ini. Karena handphone saya cukup sensitif, maka aplikasinya dapat sesuai dengan yang saya katakan. Bahkan ada beberapa kalimat yang saya ucapkan secara berbisik tapi masih terdeteksi.

Tentu saja tidak ada aplikasi voice to text atau speech to text, atau aplikasi sejenis yang sempurna, begitu juga dengan aplikasi ini. Kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak dapat menuliskan secara spesifik 100% benar. Namun saya menjamin 95% hasil convert nya sesuai dengan suara kita. Kekurangan lainnya adalah proses converting yang cukup lama yaitu sekitar 3 sampai 7 detik. Namun tidak mengurangi efektivitas dan efisiensi dari aplikasi ini, karena waktu yang dibutuhkan tidak lebih lama daripada ketika kita mengetiknya secara manual.

Jika teman-teman tertarik dengan aplikasi ini, silakan download di sini. Sekian tutorial penggunaan aplikasi voice to text di HP Android. Semoga bermanfaat.

Download Aplikasi Voice to Text

Renyta Ayu Putri

Master of zero~

Share

Tinggalkan Balasan