Kamis, 19 November 2020

Inilah Perbedaan antara Kutub Utara dan Selatan


Seperti yang kita ketahui bumi memiliki dua kutub yang berada di sisi Utara dan Selatan. Di bagian Utara bumi Kutub Utara, baliknya di bagian selatan bumi adalah Kutub Selatan. Dua kutub ini memiliki suhu udara yang sangat dingin, Tetapi apakah kalian tahu bahwa kedua kutub ini memiliki perbedaan-perbedaan yang cukup banyak. Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang dapat kami rangkum.

Penamaan

Dua kutub ini memiliki penamaan yang unik. Kutub Utara disebut juga sebagai arktik. Sedangkan Kutub Selatan dikenal sebagai Antartika.

Lautan versus daratan

Jika dilihat dari Atlas, kedua kutub ini sama-sama berupa dataran bersalju. Tetapi sejatinya mereka memiliki unsur pembentuk yang berbeda. Kutub Utara adalah lautan yang membeku Karena suhu dingin di sana. Di bagian Utara bumi terdapat banyak benua dan negara. Sehingga meskipun kutub utara adalah sebuah lautan yang membeku, mereka masih dikelilingi oleh daratan di sekitarnya.

Berbeda dengan kutub selatan. Kutub selatan adalah daratan seperti benua lain pada umumnya. Suhu yang sangat dingin Daratan di Kutub Selatan tertutup oleh salju. Namun kutub selatan tidak dikelilingi oleh daratan dari benua lainnya. Dia benar-benar dikelilingi oleh lautan. Oleh karenanya, dia juga disebut sebagai Benua Antartika

Suhu udara

Dua kutub baik Utara dan Selatan sama-sama memiliki suhu yang sangat dingin hingga mampu menciptakan salju sepanjang tahun. Namun keduanya memiliki suhu rata-rata yang berbeda. Di Kutub Utara, meskipun berupa lautan yang membeku, suhu udaranya berapa sekitar minus 34 derajat Celcius. Sedangkan di Kutub Selatan, yang berupa daratan, memiliki suhu rata-rata yang lebih dingin, yaitu sekitar minus 49 derajat Celcius. Bahkan dalam keadaan tertentu suhu di Kutub Selatan dapat mencapai minus 89 derajat Celcius.

Penduduk

Perbedaan yang paling mencolok dari kedua kutub ini adalah manusia penghuninya. Suhu Kutub Utara yang notabene lebih hangat daripada Kutub Selatan, masih memungkinkan untuk dihuni oleh manusia. Tercatat kurang lebih sekitar 3000 jiwa penghuni di Kutub Utara. Umumnya penduduk di kutub utara adalah pendatang dari negara-negara sekitarnya, sehingga mereka memiliki beragam suku. Beberapa di antaranya adalah suku yupik, kalaalit, dan sami. Berbeda dengan kutub selatan, sampai saat ini belum tercatat ada manusia yang berhasil menghuninya.

Fauna

Setiap daerah di bumi selalu memiliki ragam fauna yang bermacam-macam. Tergantung pada ekosistemnya. Tentu saja di kutub utara dan kutub selatan memiliki hewan bertahan di daerah bersuhu dingin. Namun jika dibandingkan Kutub Utara memiliki ragam fauna yang lebih banyak. Beberapa di antaranya adalah beruang kutub rusa kutub dan juga.

Sedangkan di Kutub Selatan hanya terdapat hewan Pinguin. Hal ini disebabkan karena suhu yang berbeda ada di kedua kutub. Hewan kutub yang ada di Kutub Utara tidak mampu tinggal di Kutub Selatan karena mereka tidak tahan terhadap suhu yang jauh lebih ekstrem. Sedangkan pinguin yang ada di Kutub Selatan tidak dapat tinggal di kutub utara karena suhu udaranya tidak sedingin Kutub Selatan.

Pemanasan global

Pemanasan global atau yang kita kenal dengan global warming beberapa tahun terakhir menjadi sangat marak. Berbagai penyebab mengakibatkan kerusakan lapisan ozon sehingga akhirnya membuat es yang ada di kedua kutub bumi mengalami pencairan.

Pada kenyataannya lapisan ozon yang berada di Kutub Selatan mengalami kerusakan yang lebih parah daripada lapisan ozon yang ada di Kutub Utara. Namun karena struktur Kutub Utara yang dibentuk dari lautan yang membeku membuatnya menjadi lebih mudah mencair daripada Kutub Selatan.

Itu tadi adalah beberapa perbedaan antara kutub utara dan kutub selatan. Banyak orang mengira bahwa kedua kutub itu adalah benar-benar daratan atau lautan yang membeku namun keduanya sungguh berbeda. Apakah Setelah mengetahui perbedaannya kamu berminat untuk tinggal salah satu bumi?

Previous Post
Next Post

0 Comments:

Featured Post

Hai. Kali ini berbeda dari artikel biasanya yang lebih sering menuliskan tentang pengetahuan umum. Karena saya akan menceritakan pengalaman ...

Continue reading