Minggu, 22 November 2020

Eksperimen : Telur, Air Putih dan Air Garam

Egg experiment by Science Photo Library NDLA.no CC BY-NC-SA-4.0

Hai semuanya. Kali ini kami akan menulis mengenai ekspeimen telur dengan air garam. Normalnya, saat dimasukkan ke dalam air, telur akan tenggelam. Namun kali ini mari kita coba melakukan eksperimen dengan memasukkan telur ke dalam air yang telah dicampuri garam dan air putih biasa. Bagaimanakah hasilnya. Mari ikuti instruksi berikut.

 Instruksi:

  1. Pertama-tama siapkan satu butir telur, gelas, air, dan juga garam
  2. Tuangkan air ke dalam gelas hingga mencapai setengah volume gelas.
  3. Masukkan 6 sendok makan garam ke dalam gelas, lalu aduk hingga larut.
  4. Tahap selanjutnya, tuangkan ke dalam gelas, air putih yang belum tercampur garam. Tuangkan secara hati-hati dan perlahan agar air putih tidak bercampur dengan air garam. Lakukan sampai gelas hampir penuh.
  5. Masukkan telur ke dalam gelas, dan perhatikan apa yang terjadi terhadap telur itu.

Penjelasan:

Dalam eksperimen ini, jika kamu berhasil, kamu akan melihat telurmu mengapung di dalam gelas. Hal ini disebabkan karena air yang mengandung garam lebih padat daripada air putih biasa. Semakin padat air, maka benda akan semakin mudah mengapung, apalagi jika masa jenisnya lebih kecil. Ketika kamu memasukkan telur ke dalam gelas tersebut, telur akan masuk ke dalam air, namun tidak sampai tenggelam di bawah. Telur akan mengapung tepat di atas air garam yang ada di bawah air biasa. Namun jika ketika kamu menuangkan air biasa kurang berhati-hati, maka kemungkinan air akan tercampur dengan air garam. Hal ini akan menyebabkan telur mengapung lebih tinggi, dan tidak di tengah-tengah gelas.

Previous Post
Next Post

0 Comments:

Featured Post

Hai. Kali ini berbeda dari artikel biasanya yang lebih sering menuliskan tentang pengetahuan umum. Karena saya akan menceritakan pengalaman ...

Continue reading