Manfaat Hujan bagi Kehidupan di Bumi


Hujan telah tiba. Hujan telah tiba. Hore! Hore! Hore!

Memang datangnya hujan di awal musimnya menjadi hal yang paling ditunggu karena kita mungkin sudah jenuh dengan cuaca panas, apalagi jika kalian tinggal di kota atau di tempat yang gersang dan kering. Musim hujan yang datang seolah-olah menjadi dewa penyelamat bagi kita yang sering mengeluhkan panas karena berbagai manfaat yang dibawanya.

Berikut ini telah kami rangkum berbagai manfaat hujan bagi kehidupan di Bumi.


Menyuburkan Tanaman
Semua tanaman di Bumi pada dasarnya membutuhkan air yang cukup agar dapat tumbuh subur. Hujan yang turun ke tanah membawa air untuk diserap oleh akar-akar tanaman. Sehingga nutrisi tanaman dapat terpenuhi dengan lebih baik daripada saat musim panas. Oleh karenanya saat musim hujan kita dapat melihat tanah semakin subur, tanaman semakin hijau asri dan lebat.

Menambah Ketersediaan Air Minum
Umumnya, sumber air minum didapatkan dari tanah atau pegunungan. Sama seperti keduanya, air hujan juga dapat dijadikan salah satu sumber air minum. Namun untuk menjaga kebersihan dan menetralisir zat-zat yang ada di dalamnya, perlu dilakukan pengolahan air. Air hujan yang sudah diolah aman diminum oleh manusia. Dengan menyuling air hujan, maka dapat menambah pasokan air minum, dan menghemat air dalam tanah.


Sumber Perekonomian 
Musim hujan tidak hanya sebagai sumber air, tetapi juga sebagai ladang rejeki bagi sebagian orang. Banyak orang yang membutuhkan alat-alat untuk melindungi diri dari hujan. Hingga ojek payung, penjual jas hujan, dan supir kendaraan umum semakin laris karena dibutuhkan oleh banyak orang. Selain itu beberapa pedagang makanan, seperti bakso, sop, dan makanan hangat lainnya menjadi lebih diminati karena cuaca yang dingin.


Mendukung Petani
Sebagian besar masyarakat Indonesia berprofesi sebagai petani. Para petani dalam melakukan pekerjaannnya di sawah sangat bergantung dengan kondisi dan jumlah air. Dengan turunnya hujan, maka akan sangat membantu petani dalam menyuburkan kebun dan sawah mereka. Tanamaan yang subur akan menghasilkan hasil panen yang baik dan banyak, sehingga akan menunjang kebutuhan para petani dan juga seluruh masyarakat Indonesia yang bergantung pada hasil panen negeri.

Mengurangi Polusi
Polusi udara yang berterbangan selama musim panas sangat menumpuk dan tidak baik bagi kesehatan kita terutama sistem pernapasan. Air hujan dapat mengguyur zat-zat polutan dan membersihkan udara dari polusi. Hal inilah yang menyebabkan kamu merasakan udara menjadi lebih segar ketika dihirup saat hujan datang.

Menjaga Persediaan Air Tanah
Air merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Berbagai kegiatan manusia yang membutuhkan air adalah masak, minum, membersihkan, dan lain-lain. Selama ini manusia hampir selalu mengambil pasokan air yang ada di dalam tanah untuk memenuhi kebutuhannya. Sehingga air tanah harus selalu diperbarui agar kebutuhan manusia tetap terpenuhi. Selain dari laut, air hujan yang masuk ke tanah akan menambah persediaan air di dalam tanah.

Membantu Kehidupan Perikanan
Indonesia merupakan negara yang kaya akan laut. Begitu banyak kehidupan yang ada di dalamnya. Indonesia juga memiliki banyak jenis ikan yang berada di air tawar, yang kandungan gizinya juga dibutuhkan oleh manusia. Ikan-ikan air tawar ini juga sangat membutuhkan aliran air yang stabil untuk menjaga ekosistemnya. Air hujan yang turun akan membantu ikan-ikan air tawar untuk hidup dengan baik, karena kondisi tanah tetap tercukupi airnya dan tidak menyerap air tambak, sungai, maupun danau.


Baik bagi Kondisi Psikis
Apakah kalian pernah merasakan pikiran dan hati menjadi lebih tenang saat hujan atau bahkan saat gerimis. Suara hujan, udara segar, dan aroma yang diciptakan hujan dapat membuat hati menjadi lebih tenang. Jika kalian sedang berada di tengah hujan, rintik-rintik air hujan yang mengenai kulit kita juga dapat mengaktifkan saraf-saraf yang ada di dalam permukaan kulit. Hal ini sangat membantu saat kita sedang mengalami stres atau kondisi psikis lainnya. Setidaknya rasa relaks yang dimunculkan oleh hujan dapat membantu kita mengurangi segala pikiran dan energi negatif yang ada di dalam tubuh.

Renyta Ayu Putri

Master of zero~

Share

1 Response

Tinggalkan Balasan