Sabtu, 07 November 2020

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Tubuh

Sliced Tempe by commons.wikimedia.org CC BY-SA 2.0

Tempe merupakan salah satu makanan tradisional yang dapat kita temui di berbagai olahan masakan Indonesia. Terbuat dari fermentasi biji kedelai yang dicampur dengan ragi, tempe menghasilkan banyak zat positif yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan negara luar mulai memproduksi tempe dan memasarkannya dengan harga yang terbilang cukup mahal karena manfaatnya yang luar biasa.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat tempe bagi Kesehatan tubuh.

Vitamin K dan Kalsium Tinggi Mencegah Osteoporosis

Tempe ternyata kaya akan kalsium dan vitamin K. Seperti yang kita ketahui, kedua zat ini merupakan zat yang penting bagi pertumbuhan tulang. Kalsium yang terkandung dalam 100 gram tempe adalah sevanyak 155 miligram, sedikit lebih banyak daripada susu. Oleh karenanya mengkonsumsi tempe secara rutin dapat membantu kita mencegah datangnya osteoporosis.

Senyawa Isoflavon dan Niasin Baik untuk Menurunkan LDL dan Gula Darah

Tempe terbuat dari kedelai yang memiliki senyawa isoflavon dan niasin. Kedua senyawa ini berperan penting dalam mengontrol kadar kolesterol jahat atau yang disebut dengan LDL. Kolesterol yang tinggi apabila dibiarkan akan menyebabkan berbagai penyakit yang berbahata seperti stroke dan jantung. Maka alangkah baiknya kamu dapat mencegah penyakit yang lebih parah dengan mengkonsumsi tempe.

Selain itu senyawa isoflavon dan serat yang tinggi juga dapat membantu pengidap diabetes mengontrol kestabilan gula darah. Sehingga tempe sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Meningkatkan Imun Tubuh

Tempe merupakan sumber bakteri baik atau probiotik. Kandungan probiotik dalam tubuh dapat menangkal gangguan pencernaan di usus, menjaga Kesehatan tulang, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Protein yang Tinggi

Dalam setiap 100 gram tempe, terkandung 20 gram protein. Protein sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukkan otot dan tulang. Oleh karenanya tempe sering menjadi pengganti daging karena kandungan proteinnya yang tidak kalah banyak dengan daging. Jika kamu beli daging sebanyak 250 gram perlu membayar 25.000 rupiah, maka kamu cukup membayar 10.000 rupiah untuk memakan tempe dan mendapatkan manfaat protein yang sama.

Baik untuk Program Diet

Nutrisi yang terkandung dalam tempe dapat menunjang kebutuhan energi saat kamu sedang diet lho. Badanmu tidak akan mudah lemas meskipun makan dalam porsi yang sedikit karena tempe memiliki kandungan vitamin B kompleks, serat yang tinggi dan rendah lemak. Jika kamu diet dengan mengkonsumsi sayur-sayuran atau vegetarian, kamu dapat menggunakan tempe sebagai lauk pendampingnya.

Kandungan Antioksidan Tinggi

Selain mengandung isoflavone dan niasin yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, tempe juga mengandung antioksidan. Senyawa ini berfungsi menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Itu adalah beberapa manfaat tempe bagi Kesehatan tubuh. Meskipun harganya sangat murah dan mudah didapatkan di pasar, ternyata tempe memiliki segudang manfaat ya!

Namun ada baiknya juga tidak mengkonsumsi tempe secara berlebihan. Karena beberapa kandungan dalam tempe juga memiliki efek yang kurang baik bagi Kesehatan, terutama reproduksi wanita, apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Previous Post
Next Post

0 Comments:

Featured Post

Hai. Kali ini berbeda dari artikel biasanya yang lebih sering menuliskan tentang pengetahuan umum. Karena saya akan menceritakan pengalaman ...

Continue reading