Sabtu, 14 November 2020

Mendaki Gunung saat Musim Hujan, Berikut yang Harus Diperhatikan


Akhir tahun seperti ini, musim hujan selalu datang. Bagi teman-teman pendaki, hal ini merupakan tantangan karena kemungkinan berhadapan dengan hujan saat mendaki di atas gunung sangatlah besar. Kebutuhan yang harus dibawa pun menjadi lebih banyak daripada saat musim panas.

Selain itu, jika kamu ingin mendaki saat musim hujan, sangat disarankan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Banyak persiapan yang harus dilakukan. Berikut ini, dilansir dari Pecinta Alam SMAN 21 Surabaya (PALAXXI), merupakan tips saat mendaki di musim hujan.

Jangan memaksa sampai ke puncak

Apabila saat mendaki cuaca berubah menjadi buruk, sangat disarankan bagi pendaki untuk tidak melanjutkan perjalanan ke atas. Resiko di puncak akan menjadi besar ketika cuaca sedang tidak baik. Lebih baik persiapkan diri untuk turun karena keselamatan dalam mendaki gunung merupakan yang utama.

Hindari berhenti terlalu lama

Saat mendaki dalam kondisi hujan, disarankan untuk terus bergerak secara konstan. Beristirahat atau berhenti terlalu lama dalam keadaan kehujanan dapat membuat suhu tubuh menurun dan menyebabkan kedinginan hingga hipotermia. Terus bergerak saat mendaki akan menjaga suhu tubuh kita tetap stabil.

Perlengkapan dan persiapan yang memadai

Saat mendaki di musim hujan, persiapkan kondisi tubuh dan mental yang baik. Juga jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang efisien. Jangan membawa terlalu banyak barang yang tidak dibutuhkan saat mendaki. Kemudian sangat penting bagi pendaki untuk melapisi tas dengan jas hujan atau kantung kedap air.

Bijak dalam memilih gunung

Saat musim hujan, lebih baik pilih gunung yang memiliki medan yang tidak terlampau sulit untuk didaki. Selain itu, gunung yang terlalu tinggi juga tidak disarankan untuk didaki saat musim hujan. Akan lebih baik jika kamu dapat memilih untuk mendaki gunung yang memiliki banyak pos yang memadai.

Itulah beberapa tips bagi para pendaki saat ingin mendaki di musim hujan. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati di kala mendaki, agar kita tetap selamat. Ingatlah, tujuan dari pendakian adalah pulang dengan selamat. Salam lestari!

Previous Post
Next Post

0 Comments:

Featured Post

Hai. Kali ini berbeda dari artikel biasanya yang lebih sering menuliskan tentang pengetahuan umum. Karena saya akan menceritakan pengalaman ...

Continue reading