Mengenal Presiden AS : Profil Singkat Joe Biden

Joe Biden by commons.wikimedia.org CC BY-SA 2.0

Baru-baru ini dunia dihebohkan dengan pemilihan presiden baru di Amerika Serikat. Setelah Presiden sebelumnya, Donald Trump banyak dirasakan oleh masyarakat dunia, terlalu sering terlibat isu rasisme. Pengaruh Amerika yang cukup kuat di dunia membuat perhatian dunia tertuju pada persaingan yang cukup sengit hasilnya. Apalagi di tengah pandemi, proses pemilihan berjalan dengan sedikit terhambat sehingga menambah rasa penasaran dari masyarakat.

Hingga akhirnya pada 7 November 2020, didapatkan hasil bahwa Joe Biden-Kamala Harris mendapatkan 284 suara electoral. Di mana telah melebihi jumlah suara minimal yang ditetapkan untuk memenangkan kursi Presiden, yaitu 270 suara electoral. Trump sempat tidak mengakui kekalahannya atas Biden, namun kalah tetaplah kalah. Joe Biden akan dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat ke-46 pada Januari 2021 mendatang.

Joe Biden, Presiden Amerika Serikat terpilih, memiliki perjalanan politik yang tidak diragukan lagi. Biden telah mengalami pasang surut dalam karir politik sebelum akhirnya berhasil menduduki jabatan presiden bersama wakilnya Kamala Harris. Berikut ini merupakan ringkasan perjalanan hidup seorang Joe Biden.

Masa Muda Joe Biden

Joe Biden lahir dengan nama Joseph Robinette Biden Jr. pada 20 November 1942 di Scranton, Pennsylvania, AS. Ayahnya bernama Joseph Robinette Biden Sr, dan ibunya bernama Catherine Eugenia Bidden. Biden menghabiskan masa kecilnya di tanah kelahiran sebelum akhirnya pindah ke Wilmington, Delaware saat usia 10 tahun. Presiden yang suka makan es krim ini pada masa kecilnya sempat dibully karena gagap saat kecil. Karena menderita asma saat muda, Joe Biden gagal dalam proses perekrutan untuk Perang Vietnam.

Keluarga Joe Biden

Joe Biden menikahi istri pertamanya, Neilia Hunter Biden, kemudian dikaruniai tiga anak yaitu Joseph Robinette “Beau” III, Robert Hunter, dan Naomi Chirstina. Namun pada 1972, Istri dan anak perempuannya, Naomi, meninggal dalam kecelakaan mobil. Kedua anak lainnya yang juga berada dalam kecelakaan yang sama, dapat diselamatkan. Meninggalnya istri dan anak perempuannya, serta proses pemulihan dari kedua anak laki-lakinya telah membuat hidup Biden terpuruk.

Namun pada 1976, Biden bertemu dengan Jill Tracy Jacobs, seorang guru di Delaware yang kemudian menjadi istrinya. Dalam pernikahan kedua, Biden memiliki seorang anak perempuan bernama Ashley Blazer Biden. Pada 2015, Putra pertama Biden, Joseph Robinette “Beau” III, meninggal dunia akibat menderita kanker otak pada usia 46 tahun.

Bergabung Partai dan Menjadi Senator

Karir politik Biden diawali dengan bergabungnya dia ke Partai Demokrat pada tahun 1970. Kerja keras Biden mengantarkannya menjadi anggota senat termuda saat usianya baru 30 tahun. Dia secara resmi dilantik pada Januari 1973. Selama 36 tahun Joe Biden menjabat sebagai senator  dari Partai Demokrat, Joe Biden telah berperan penting dalam mengatasi isu peradilan pidana, isu kekerasan terhadap perempuan, mebentuk kebijakan luar negeri AS, dan berada di garis depan isu terkait terorisme dan pasca perang dingin.

Mencalonkan Diri Sebagai Presiden AS

Tahun 1988 merupakan tahun pertama Biden mencalonkan dirinya sebagai Presiden AS, namun dia kalah dalam konvensi partai. Biden tidak menyerah dan Kembali mencalonkan dirinya sebagai presiden 20 tahun kemudian melawan Obama dalam konvensi Partai Demokrat, namun ia juga kalah.

Hingga pada akhirnya perjalanan Biden menuai hasilny setelah menanti 32 tahun. Pada pencalonannya yang ketiga, Joe Biden Kembali melaju pada akhir 2020 dan berhasil mengalahkan Capres Petahana yaitu Donald Trump.

Wakil Presiden Barack Obama

Kekalahan Biden dalam Konvensi Partai di tahun 2008, tidak menutup mata Partai Demokrat akan kepiawaian Biden dalam politik negara. Pada saat Obama menjabat Presiden, Demokrat mempercayai Biden sebagai Wakil Presidennya. Joe Biden menjadi Wakil Presiden Barack Obama selama dua periode berturut-turut.

Menjadi Presiden Tertua Sepanjang Sejarah AS

Perjalanannya yang panjang benar-benar menuaikan hasil. Pada kesempatan ketiganya dalam mencalonkan diri sebagai Presiden AS, Biden menunjuk Kamala Harris untuk mendampinginya sebagai wakil presiden. Kali ini dia harus bersaing Donald Trump dan Mike Pence. Dalam Pilpres kali ini, Joe Biden berhasil memenangkan lebih dari 270 suara electoral. Joe Biden akan dilantik menjadi Presiden AS saat usianya menginjak 78 tahun. Oleh karenanya, dia akan tercatat sebagai Presiden AS tertua sepanjang sejarah.  

 

Renyta Ayu Putri

Master of zero~

Share

Tinggalkan Balasan