Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif (Belajar Kelompok)


Model Pembelajaran Kooperatif

Model pembelajaran kooperatif disebut juga dengan model pembelajaran berkelompok. Dalam pembelajaran kooperatif, setiap anggota dalam kelompok akan secara terstruktur memiliki tanggung jawab individu dan saling tergantung satu sama lain, sehingga dibutuhkan interaksi dan keahlian dalam bekerja sama.

Sistem pembelajaran kooperatif merupakan salah satu bentuk atau kriteria dalam metode belajar konstruktivis. Setiap kelompok terdiri dari anggota yang memiliki keberagaman dalam tingkat kemampuan akademik dan juga perbedaan sosial. Pembagian kelompok seperti ini diharapkan mampu membuat individu yang kurang paham, menjadi terbantu dan lebih paham setelah berkelompok dengan individu lain yang memiliki kapasitas yang lebih baik. Sehingga, dalam pembelajaran kooperatif, proses belajar tidak dapat dikatakan selesai apabila salah satu individu dalam kelompok belum menguasai materi.

Baca juga : Metode Pembelajaran Student Team-Achievements Divisions (STAD)

Roger dan Johnson (dalam Lie, 2002) berpendapat bahwa meskipun pembelajaran kooperatif selalu mengandalkan kerja sama dan proses belajar berkelompok, bukan berarti setiap pembelajaran dengan metode belajar kelompok dapat dikatakan sebagai pembelajaran yang kooperatif. Ada lima unsur yang harus dipenuhi agar dapat dikatakan sebagai pembelajaran yang kooperatif, yaitu:

1.   Ketergantungan positif antar anggotanya

Untuk mendapatkan keberhasilan dalam sebuah kerja kelompok, sangat dibutuhkan usaha dari setiap anggotanya. Suatu kelompok perlu bekerja secara terstruktur agar dalam pembagian tugasnya dapat berkaitan, dan setiap anggota memiliki ketergantungan yang positif terhadap setiap anggota kelompok lainnya.

2.   Tanggung jawab perseorangan

Pendidik dapat menyiapkan tugas berkelompok sedemikian rupa agar setiap anggota memiliki tanggung jawab untuk menyukseskan kelompoknya.

3.   Kegiatan tatap muka dan bediskusi

Suatu kelompok dapat dikatakan kooperatif apabila mereka dalam proses belajar melakukan tahapan diskusi untuk menyatukan sinergi dan menyusun srategi dalam mencapai penyelesaian tugas atau tujuan kelompok.

4.   Komunikasi interpersonal para anggotanya

Keterampilan komunikasi individu dapat mempengaruhi keberhasilan dalam suatu kelompok. Keterampilan ini dapat berupa kemampuan mendengar dan mengutarakan gagasan. Suatu kelompok belum dikatakan kooperatif apabila salah satu anggotanya belum mencapai titik “mampu berkomunikasi” dengan baik kepada sesama anggota kelompok lainnya. Karena bagaimanapun tujuan belajar kelompok adalah untuk memperkaya pengalaman belajar, baik secara kognisi maupun mental.

5.   Terdapat evaluasi

Proses evaluasi tentu menjadi sangat penting untuk dilakukan. Pengajar perlu memberikan kesempatan bagi kelompok untuk melakukan evaluasi terhadap proses belajar mereka, agar ke depannya dapat melaksanakan pembelajaraan yang lebih kooperatif.

Baca juga : Model Pembelajaran dalam Pendekatan Konstruktivis

Tujuan Pembelajaran Kooperatif

Tujuan dari pembelajaran kooperatif adalah tercapainya hasil belajar yang optimal sekaligus mengembangkan keterampilan sosial individu. Dalam pembelajaran kooperatif keberhasilan suatu kelompok tidak didasarkan pada hasil persaingan antara kelompok satu dengan yang lainnya, tetapi lebih kepada hasil belajar individu-individu dalam kelompok tersebut.

Ibrahim, et al. (2000) merangkum tiga tujuan yang setidaknya harus dicapai dalam metode pembelajaran kooperatif, yaitu : 1) hasil belajar akademik yang merata pada setiap individu dalam kelompok; 2) menciptakan rasa saling menghargai dan menerima perbedaan antar setiap individu; 3) mengajarkan keterampilan sosial dalam berkolaborasi dan bekerja sama dengan individu yang berbeda-beda.

Model pembelajaran kooperatif memiliki beberapa metode untuk dapat diterapkan yaitu:

1) Student Teams-Achievement Divisions (STAD),

2) CIRC

3) Jigsaw

4) Learning Together

5) Group Investigation

6) Cooperative Scripting

 Baca juga : Model Pembelajaran dalam Pendekatan Konstruktivis

Renyta Ayu Putri

Master of zero~

Share

Tinggalkan Balasan