Pentingnya Mengetahui Golongan Darah


Apakah kamu sudah memahami apa itu golongan darah?

Jika sudah, apa sih pentingnya mengetahui golongan darah?

Dilansir dari Aksi Aksara, berikut ini adalah rangkuman manfaat ketika kita mengetahui golongan darah kita.

Menolong ketika kita mengalami kecelakaan

Apabila pada suatu saat kita mengalami kecelakaan hingga menyebabkan kehilangan banyak darah, maka golongan darah adalah hal yang penting untuk diketahui. Karena kita akan membuthkan pendonor dengan golongan darah yang sama dengan kita.

Faktor perencanaan berkeluarga

Ketika akan menikah kamu akan diwajibkan untuk memeriksa kesehatan termasuk golongan darah kamu dan pasanganmu. Hal ini karena golongan darah dapat mempengaruhi kesehatan anak. Beberapa kasus menunjukkan pasangan dengan golongan darah tertentu beresiko memiliki keturunan dengan kelainan genetik.

Mengontrol pola makan dan diet

Golongan darah tertentu lebih rentan terhadap diabetes dan penyakit jantung. Bahkan, ada golongan darah yang sebenarnya hanya cocok dengan makanan vegetarian, dan ada yang perlu membatasi asupan karbohidrat sesuai dengan golongan darah pula. Jika kamu berniat untuk diet, ada baiknya ketahui golongan darahmu terlebih dahulu ya, lalu pelajari pola diet apa yang cocok bagi kamu.

Membantu meningkatkan tentang beberapa penyakit

Penelitian menyebutkan bahwa perempuan dengan golongan darah O memiliki resiko tingkat kesuburan sedikit lebih rendah. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor diet dan rutinitas. Ditemukan pula bahwa orang yang bergolongan darah A, AB, dan B lebih beresiko memerangi penyakit jantung. Golongan darah A juga erat kaitannya dengan kolesterol LDL.

 

Renyta Ayu Putri

Master of zero~

Share

Tinggalkan Balasan