Sabtu, 19 Desember 2020

Teori Belajar Albert Bandura : Social Learning

Albert Bandura berpendapat bahwa teori Skinner yang menekankan pada efek dari konsekuensi tingkah laku, mengabaikan fenomena modelling dan observational learning. Bandura mengemukakan Teori Social Learning (Belajar Sosial). Dalam teori ini, dijelaskan bahwa seseorang belajar dari pengalamannya mengamati (observasi) dan menirukan orang lain (model). Modelling adalah imitasi perilaku, akibat pengamatan terhadap perilaku lain dan pengalaman yang pernah terjadi, baik pada diri sendiri, maupun orang lain (observational learning). Analisis Bandura (1986) tentang social learning meliputi empat fase:

Baca juga : Teori Belajar menurut Pavlov : Classical Conditioning

Fase 1: Perhatian

Fase ini meliputi aktivitas memperhatikan model. Umumnya individu akan menaruh perhatiannya kepada model yang atraktif, sukses, menarik dan populer. Misalnya saat di dalam kelas, guru memperoleh perhatian siswa ketika memberikan presentasi yang jelas dan menarik, sehingga memotivasi siswa untuk memperhatikan.

Fase 2: Ingatan

Dalam fase ini, individu telah selesai mengamati dan memiliki ingatan tentang perilaku model. Misalnya, siswa akan mengingat bahwa guru selalu memberikan atau mempresentasikan materi dengan menarik dan jelas.

Baca juga : Teori Belajar Behaviorisme

Fase 3: Meniru

Selama fase meniru, individu akan cenderung mencoba menyamakan perilakunya dengan model. Misalnya, siswa yang telah memperhatikan dan mengingat perilaku guru, mencoba berlatih menirukan perilaku guru, yaitu dengan presentasi materi dengan jelas dan menarik.

Fase 4: Motivasi

Dalam fase ini, individu harus memiliki keyakinan bahwa dengan meniru model, dia akan mendapatkan penguatan. Misalnya, jika siswa dapat melakukan presentasi dengan baik seperti gurunya, maka dia akan mendapatkan penghargaan (penguatan) dari gurunya.

Baca juga : Teori Belajar menurut Pavlov : Classical Conditioning


Previous Post
Next Post

0 Comments:

Featured Post

Hai. Kali ini berbeda dari artikel biasanya yang lebih sering menuliskan tentang pengetahuan umum. Karena saya akan menceritakan pengalaman ...

Continue reading