Selasa, 12 Januari 2021

Cara Memotong Kuku Iguana

Halo semuanya. Kali ini kami akan memberikan cara atau tutorial memotong kuku Iguana.

Kuku tergolong bagian tubuh iguana yang cepat tumbuh. Bentuknya yang panjang dan runcing cenderung akan melukai orang yang menggendongnya. Maka dari itu salah satu perawatannya adalah dengan memotong kukunya.


Luka akibat kuku iguana

Tentu saja tidak seperti memotong kuku manusia, saat memotong kuku iguana, kita harus memperhatikan beberapa hal agar iguana tidak jumpy dan tetap nyaman. Kali ini model iguananya adalah iggy dengan usia kurang lebih 10 bulan. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat memotong kuku iguana.

Baca juga: Fakta Seputar Iguana - Wajib Tau sebelum Memeliharanya


1. Gendong Iguana dengan Nyaman

Pegang atau gendong iguana, hindari memegang terlalu erat dan hindari menyentuh ekornya. Buat posisinya senyaman mungkin, sehingga kaki dan tangan iguana dapat terlihat dan terjangkau oleh pemotong kuku.



2. Lakukan dengan Berurutan

Kamu dapat memotong kuku diawali dengan bagian kaki belakang atau depan terlebih dahulu. Namun yang paling penting adalah lakukan secara berurutan mulai dari posisi kaki yang paling mudah dijangkau. Hal ini dilakukan untuk membuat iguana mengerti bahwa kukunya akan dipotong, tanpa harus menarik-narik kaki yang tidak dijangkau terlebih dahulu. Setelah iguana paham bahwa yang kamu lakukan tidak menyakitinya, maka dia tidak akan menolak ketika kaki lainnya digerakkan untuk mendapatkan posisi paling nyaman.

Baca juga: Fakta Seputar Iguana - Wajib Tau sebelum Memeliharanya



3. Potong bagian runcingnya saja

Saat memotong kuku iguana, kamu cukup potong bagian runcingnya saja. Jangan potong terlalu panjang karena akan melukai dan menyakiti iguana. Jika terlalu dalam, iguana akan sedikit kaget/terjingkat hingga berontak karena kesakitan. Lakukan perlahan-lahan agar iguana tidak merasa terganggu.

Untuk memperjelas tutorial atau cara memotong kuku iguana, saya sudah sediakan link video di bawah ini. Klik untuk menonton videonya. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Fakta Seputar Iguana - Wajib Tau sebelum Memeliharanya





Previous Post
Next Post

0 Comments:

Featured Post

Hai. Kali ini berbeda dari artikel biasanya yang lebih sering menuliskan tentang pengetahuan umum. Karena saya akan menceritakan pengalaman ...

Continue reading