Mengatasi Ikan Mas Koki Berenang Terbalik

Halo semuanya.

Tidak dipungkiri, masa-masa pandemi mengharuskan kita untuk biasa hidup di rumah saja dan tidak keluar apabila tidak ada kebutuhan. Oleh karenanya banyak sekali trend kegiatan bermunculan untuk mengisi waktu luang di rumah. Salah satunya adalah dengan memelihara hewan.

Yang baru-baru ini sangat marak di dunia pets adalah memelihara ikan. Baik ikan cupang, ikan komet, ikan mas koki, dan jenis ikan-ikan lainnya.

Secara spesifik artikel kali ini akan membahas mengenai salah satu permasalahan saat memelihara ikan mas koki, yaitu masalah ikan berenang terbalik. Masalah ini menjadi salah satu yang kerap terjadi saat memelihara ikan mas koki.

Baca juga: Mengatasi kutu kura-kura pada ikan mas

Penyakit dan Gejala

Ikan mas koki yang berenang terbalik dikarenakan ikan tersebut sedang mengalami gangguan gelembung renang. Ikan mas koki memiliki organ gelembung renang yang berfungsi untuk membantu mereka berenang di air. Gangguan gelembung renang dapat diakibatkan oleh infeksi, sembelit ataupun gangguan organ lainnya.

Biasanya ikan yang mengalami gangguan ini, akan menunjukkan gejala-gejala unik, yaitu mereka akan cenderung berenang dalam keadaan miring, bahkan terbalik. Selain itu, ikan akan terlihat kesulitan mengontrol tubuhnya. Ikan mas koki akan cenderung mengapung, dan kesulitan menyelam ke dasar akuarium. 

Gangguan ini dapat dibilang cukup sering terjadi pada ikan mas koki, khususnya ikan mas koki yang memiliki tubuh bulat. Dalam beberapa kasus, apabila gangguan gelembung renang diakibatkan oleh penyakit infeksi bakteri, hal ini dapat mengakibatkan kematian pada ikan. Namun sebagian besar kasus, ikan yang berenang terbalik dapat diobati dengan berbagai cara.

Baca juga: Mengatasi kutu kura-kura pada ikan mas

Penyebab

Biasanya, gangguan ini diakibatkan oleh pola makan ikan yang kurang baik. Ikan mas koki memiliki nafsu makan yang sangat tinggi. Meskipun sudah diberi makan, mereka akan tetap makan jika diberi lagi. Kebiasaan ikan mas koki inilah yang dapat menjadi salah satu penyebab umum terjadinya gangguan gelembung renang. Apalagi jika makanan ikan mas koki hanya pelet saja dan tidak ada makanan lain yang mengandung serat untuk menyeimbangkan gizi ikan.

Pelet ikan mengandung udara di dalamnya, sehingga apabila ikan makan pelet terlalu banyak, maka perutnya akan dipenuhi dengan udara. Kurangnya gizi dalam pelet ikan juga menyebabkan ikan kekurangan serat. Kedua hal tersebut lah yang dapat mencetus penyakit sembelit pada ikan. Jika pencernaan ikan terganggu, gelembung renang di dalam tubuh ikan akan terdesak sehingga menyebabkan keseimbangan ikan terganggu dan menyebabkan ikan kesulitan mengendalikan diri saat berenang.

Dalam kasus yang ekstrim, gangguan gelembung renang dapat diakibatkan oleh infeksi bakteri, sehingga ikan membutuhkan pengobatan yang sesuai. Kamu dapat melihat gejalanya, apabila ikan mas koki tidak lagi bernafsu saat makan. Berbeda jika ikan masih sangat bernafsu saat makan, maka kemungkinan besar adalah ikan hanya mengalami gangguan gelembung renang akibat pola makan yang tidak sehat.

Baca juga: Mengatasi kutu kura-kura pada ikan mas

Cara Mengatasi

Bagi ikan yang mengalami gangguan gelembung renang karena pola makan yang tidak sehat, maka kamu perlu melakukan hal-hal berikut ini:

  • Puasakan ikan

Untuk sementara waktu, jangan memberi ikan makan terlebih dahulu. Kamu dapat melakukannya dengan cara bertahap. Diawali dengan tidak memberinya makan selama sehari, kemudian dua hari, hingga tiga hari. Ikan mas koki dapat bertahan tanpa makanan hingga tiga hari. Namun jangan sampai memuasakan ikan hingga lebih dari tiga hari ya!

Biarkan ikan puasa selama satu hingga tiga hari, sehingga dapat memberikan ikan waktu yang cukup untuk mencerna makanan yang masih ada di dalam perutnya. Dengan melancarkan pencernaan ikan, akan mengurangi tekanan terhadap gelembung renang. Perhatikan, apabila ikan berangsur normal, maka memang benar penyebabnya adalah pola makan yang tidak baik.

  • Ganti makanan dengan makanan kaya serat

Makanan untuk ikan mas koki tidak hanya didapat dari pelet ikan saja. Ikan mas koki juga membutuhkan gizi yang cukup yang dapat diperoleh dari makanan sehat lainnya, seperti buah dan cacing. Pastikan bahwa makanan-makanan tersebut dapat dikonsumsi dengan baik oleh ikan mas koki.

  • Rendam pelet ikan

Untuk mengurangi kandungan udara pada pelet ikan, kamu dapat merendamnya terlebih dahulu agar udara di dalam pelet ikan dapat terlepas. Rendam pelet ikan dengan segelas air akuarium selama 10 – 15 menit atau tunggu hingga pelet cukup lembek. Setelahnya pelet tersebut dapat diberikan kepada ikan mas koki di akuarium.

Baca juga: Mengatasi kutu kura-kura pada ikan mas


Jika cara-cara tersebut tidak berhasil, maka kamu perlu mencurigai adanya infeksi. Ikan yang mengalami infeksi bakteri maka diperlukan pengobatan isolasi, atau dengan cara mengobatinya di tanki yang berbeda dengan ikan-ikan lainnya.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan akuarium, karena akuarium yang bersih akan menciptakan lingkungan yang sehat bagi ikan kita.

 


Renyta Ayu Putri

Master of zero~

Share

Tinggalkan Balasan