Hotel Raya Magetan / SPOT ON 2638

hotel raya magetan

Halo gaes! bagi kalian yang ingin liburan akhir pekan di Magetan tapi masih bingung soal penginapan? kalian nggak perlu khawatir, sebab di Magetan terdapat beberapa hotel murah dengan fasilitas yang sebenarnya sudah cukup lengkap dan nyaman. Tidak tanggung-tanggung, hotel-hotel ini menawarkan harga inap mulai 100-ribuan saja per malam. Nah, kali ini saya akan mereview salah satu hotel yang bernama SPOT ON 2638 / Hotel Raya Magetan. Kebetulan, saya sempat menginap untuk short trip di Magetan plus nyicipin beberapa menu spesial seperti aneka steak dan sop iga di Wijaya Steak and Soup (WSS) Magetan.

Nah, waktu saya kesana, saya naik mobil lewat tol jurusan Madiun. Di jalan tol ini, ada yang unik juga gaes! ada yang namanya singing road atau jalan bernada, jalanan itu berada di tengah-tengah jalan tol menuju Madiun. Sebenarnya, itu seperti jalan-jalan biasa, namun ada semacam gundukan-gundukan yang sudah ditata sedemikian rupa sehingga menimbulkan suara ketika dilewati oleh mobil atau kendaraan lainnya.

singing road di tol madiun

Lokasi

Oke, kembali ke topik. Jadi, untuk menuju ke Spot On / Hotel Raya kalau dari arah Surabaya, kita musti ambil exit tol Madiun-Magetan-Ponorogo, kemudian kita tinggal mengikuti saja jalur menuju telaga pasir sarangan, nanti Spot On / Hotel Raya akan berada di sebelah kiri jalan, tepat di tikungan kira-kira 1-2 km sebelum telaga sarangan. Berikut detail lokasinya menurut google maps.

Kesan Pertama

Kesan pertama saat saya datang adalah, Hotel Raya ini nampak klasik dan bangunannya didominasi bangunan lama. Meskipun sejujurnya, pada awalnya juga terkesan agak horor, namun ketika saya telah melakukan proses reservasi dan kemudian memasuki kamarnya, sebenarnya ya biasa saja.

Fasilitas

fasilitas kamar hotel raya

Untuk kamarnya sendiri, di Hotel raya ini seingat saya hanya ada 4 atau 5 kamar, dan saya waktu itu memesan kamar yang twin bed dengan detail fasilitas kurang lebih sebagai berikut:

  • TV flat
  • Pandangan langsung ke arah jalan
  • Lemari
  • 2 ranjang tidur + selimut
  • Heater
  • Kopi, air mineral, dan teh
  • Kran air hangat (namun saat kami menginap waktu itu, air hangatnya hanya tersedia pada pagi dan sore hari)
  • Shampo dan sabun (untuk sikat dan pasta gigi tidak disediakan)
  • Parkir terbatas (mungkin max. hanya untuk 3 mobil)

Dengan berbagai fasilitas di atas, waktu itu saya booking kamar nomor 1 dengan harga Rp. 110.000, jadi saya rasa sudah cukup worth it untuk short trip di Magetan.

Pelayanan

Satu hal yang membuat saya cukup terkesan adalah pelayanan yang diberikan oleh penjaga Hotel Raya yang mana saat saya datang, keadaan sedang hujan dan sandal yang saya gunakan membuat area di depan kamar hotel menjadi cukup becek dan kotor. Namun, ketika saya keluar kamar, penjaga yang sedang menjaga di hotel telah melakukan pembersihan di area sekitar kamar, plus menata sandal saya dengan sangat rapi, hal itu membuktikan bahwa meskipun dengan harga sewa per malam yang relatif terjangkau, namun tidak mengurangi pelayanan prima yang diberikan.

Suasana Sekitar Hotel

Untuk vibes di sekitar Hotel Raya sendiri, bagi saya sudah cukup nyaman, karena hotel ini berada di bawah kaki gunung lawu sehingga udara yang kita rasakan sangat dingin dengan area sekitar hotel yang masih pedesaan dan asri. Di samping-samping Hotel Raya ini sebenarnya juga banyak hotel karena memang sudah memasuki area wisata sekitar telaga sarangan. Hotel ini sendiri tidak menyediakan sarapan atau makanan siap saji, jadi kita sebagai tamu harus makan di luar. Nah, di sekitar hotel sendiri sebenarnya juga sudah ada beberapa warung atau depot yang bisa kita tuju untuk mengisi perut saat lapar.

Nah, salah satu keunikan lagi di Hotel Raya ini, untuk kamar nomor 2, kamar mandi yang disediakan termasuk dalam kategori sangat luas, jadi cocok bagi kalian yang phobia terhadap ruang sempit hehe. Kamar nomor 2 ini juga memiliki bangunan yang relatif lebih baru dibandingkan kamar nomor 1 yang saya tempati, terlihat dari cat ruangan yang terlihat lebih cerah.

Wijaya Steak & Soup

Nah seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa Hotel Raya ini tidak menyediakan makanan, maka waktu saya menginap saat itu, saya dan teman-teman mencoba mencari tempat makan yang cukup milenial di sekitar hotel dan akhirnya menemukan yang namanya Wijaya Steak and Soup Magetan yang lokasinya masih sejalan dengan Hotel Raya, kira-kira 5 menit perjalanan menggunakan mobil ke arah telaga sarangan, cafe ini berada di kiri jalan Jl. Sarangan.

Seperti namanya, cafe ini menyediakan menu andalan berupa steak, sup, dan chinese food. Menu-menu ini sangat pas dinikmati mengingat suhu di Magetan yang cukup dingin. Cafe ini pun bisa dibilang cukup cozy dengan menyediakan 2 lantai, satu untuk indoor dan di bagian rooftop untuk mereka yang lebih suka suasana outdoor.

Waktu kami mampir ke situ, kami memesan menu mix steak, sirloin combo, sup iga, dan koloke. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau, berkisar antara 20 sampai 50ribu rupiah saja, namun rasa yang disajikan bisa dibilang cukup memuaskan. Kalau dirating, 8/10 lah.

Ya, jadi begitulah. Semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin melakukan short trip ke Magetan dan sedang bingung mencari hotel murah di sana. Kalian juga bisa menyimak vlog kami ketika kami mampir ke Hotel Raya dan Wijaya Steak and Soup Magetan di video di bawah ini;

Muchammad Thoyib As

Karena setiap cerita memiliki makna~

Share

Tinggalkan Balasan