Telaga Sarangan Magetan

telaga sarangan magetan

Jika sedang berlibur di Magetan, Jawa Timur, sebaiknya teman-teman menyempatkan diri untuk mengunjungi telaga sarangan yang merupakan salah satu objek wisata alam di daerah ini. Objek wisata ini sendiri sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata populer yang sering dikunjungi. Tidak hanya oleh wisatawan lokal, tapi juga oleh turis dari luar negeri.

Telaga sarangan juga dikenal sebagai telaga pasir. Merupakan sebuah telaga alami yang berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Terletak di lereng gunung lawu, kecamatan plaosan, kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Dengan suhu udara berkisar antara 15 hingga 20 derajat celcius, kawasan di sekitar danau ini cukup sejuk dan nyaman untuk dikunjungi sebagai destinasi liburan di musim panas. Selain itu, ada banyak hal menarik yang dapat dilakukan di sini. Sebelum menuju ke sini, sejatinya kita juga bisa menikmati telaga wahyu yang juga merupakan destinasi wisata alam di kabupaten Magetan. Telaga wahyu ini berada di jalur menuju telaga sarangan.

Tarif Masuk

Memasuki area telaga sarangan, kita akan ditarik retribusi sebesar Rp20.000 per orang, itu sudah include dengan parkir di area yang telah disediakan di sekitar telaga sarangan. Sejatinya, parkiran yang disediakan sudah cukup luas, apalagi jika kita datang sebelum siang. Maka pengunjung pun belum begitu ramai dan kita bisa bebas memilih lokasi parkir. Lokasi parkir tidak terbatas hanya di parkiran bus dekat mushola dan gerbang masuk saja. Namun juga di sekitar hotel atau penginapan sebelum parkiran bus tersebut. Hal ini jarang diketahui oleh pengunjung, padahal di situ juga termasuk lokasi parkir yang memang disediakan oleh pengelola tempat wisata ini.

Mendekati telaga sarangan kira-kira 50 meter, kita akan melewati semacam pasar tradisional yang menyajikan berbagai kebutuhan masyarakat seperti sayur-mayur, buah-buahan, hingga aneka pernak-pernik dan oleh-oleh khas telaga sarangan.

speed boat di telaga sarangan

Speed Boat

Memasuki area telaga sarangan, kita akan langsung disajikan pemandangan yang cukup ramai. Mulai dari pengunjung yang banyak, plus para joki kuda yang siap menawarkan kudanya untuk kita tunggangi. Selain itu, para pengunjung juga dapat menyewa speed boat yang disediakan oleh paguyuban masyarakat sekitar dengan tarif kurang lebih Rp70.000 per kapal untuk satu putaran mengelilingi danau.

Dengan tarif tersebut, kita akan diajak mengelilingi telaga sarangan dan menikmati adrenalin yang terpicu oleh para driver yang sudah handal, namun tetap mengedepankan safety. Karena ketika menaiki speed boat tersebut kita juga wajib mengenakan safety jacket atau jaket keselamatan.

Saat menaiki speedboat tersebut, kita bisa request ke drivernya untuk berhenti di salah satu spot untuk berfoto sebelum turun. Para driver akan dengan senang hati memfotokan kita. Sensasi menaiki speed boat tersebut amatlah unik, karena tidak semulus yang terlihat, pun tidak sesingkat yang kita duga. Butuh waktu sekitar 5 menit untuk mengelilingi telaga sarangan sepenuhnya.

Sate Kelinci

Setelah puas menikmati pemandangan telaga sarangan lebih dekat menggunakan speed boat, kita bisa melanjutkan petualangan dengan mencicipi makanan khas Magetan yang banyak dijajakkan di sekitar telaga. Seperti pecel pincuk dan sate kelinci dengan harga yang sangat terjangkau. Ditambah dengan sensasi makan di tempat, di samping telaga dengan angin yang semilir dan udara khas pegunungan yang sejuk, akan menambah kesan yang takkan terlupakan. Untuk sate kelinci, dijual dengan harga relatif sama yaitu Rp18.000 per porsi. Sedangkan untuk pecel, dijual dengan harga kurang lebih Rp11.000 per porsinya.

Kalian juga bisa menyimak vlog kami ketika kami mampir ke sini;

Baca juga : Dinosaurus Park di Magetan

Muchammad Thoyib As

Karena setiap cerita memiliki makna~

Share

Tinggalkan Balasan